Berita Bulog

Bulog Beli 3,5 Juta Ton Beras Petani Tahun Ini

Sabtu, 12 Februari 2011 15:36 WIB      

BANDUNG--MICOM: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menkokesra) Hatta Rajasa menyatakan tahun ini Perum Bulog harus membeli beras dari petani sampai 3,5 juta ton. 

"Untuk pembebasan bea masuk impor beras hanya sampai 31 Maret mendatang. Jika musim panen sudah tidak berlaku dan 2011 ini Bulog harus membeli beras dari petani hingga 3,5 juta ton. Nah, sebagian cadangannya dipenuhi lewat impor tadi," kata Hatta Rajasa di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (12/2). 

Ia menjelaskan, kebijakan mengenai keputusan untuk mengimpor beras akan dilakukan kalau cadangan beras di Perum Bulog tidak mencukupi. "Intinya itu, impor beras hanya akan dilakukan saat cadangan beras Bulog tidak mencukupi," ujar Hatta usai memberikan kuliah umum di Aula Barat Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) di Jalan Ganesha Bandung. 

Ia mengatakan, saat ini pemerintah sedang menimbang untuk menaikkan cadangan beras nasional karena situasi iklim yang sudah lagi tidak menentu. "Situasi iklim yang ekstrim dan dapat berubah pada suatu saat ini bisa berakibat pada produktivitas dan produksi gabah kita terganggu," katanya. 

Menurutnya, apabila masih dinilai kurang, pihaknya akan menaikkan cadangan beras. "Untuk tahun ini cadangan beras kita mencapai 1,5 juta ton dan ke depannya mungkin kita harus naikkan cadangan itu sesuai dengan keuangan kita," katanya.. 

Sementara itu, dalam kuliah umumnya yang bertajuk Peluang dan Tantangan Ekonomi dan Geopolitik di hadapan ratusan mahasiswa ITB, Hatta menyatakan kampus ITB harus memberikan kontribusi besar dalam pencapaian dari program Visi Indonesia 2025 yang rencananya akan diluncurkan pada April mendatang. (Ant/OL-01) 

 

Sat, 26 Mar 2011 @03:47


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

nasi kucing maknyuuus

Cek Nama Domain ?

Welcome di Nasi Kucing KU
image

adjie perumda ungaran

6281 325 452 325


Ungaran City
Kategori
Artikel Terbaru
Arsip

Komentar Terbaru